Senin, 01 Desember 2014

Harga Ilmu

pertemuan bocah gemblung linglung dg aki-aki pejalan kaki.....
bocah: buku apa itu ki?
aki: ini buku catatan 'wisata rohani' saya
bocah: memangnya aki pernah berwisata rohani ke mana?
aki: ke 'baitulloh'
bocah: ooo... boleh saya lihat ki? kelak kalau saya mau naik haji biar saya tau tata cara yg benar bagaimana. boleh ki?
aki: silahkan
setelah membacanya si bocah tampak bingung
"buku apaan ini ki? aneh gini..."
bacalah nak, yg tidak paham tanyakan pada saya. karena hampir semuanya tidak dipahami, maka ia pun bertanya cukup banyak.
si aki menjelaskan dg lembut dan penuh kasih.
setelah selesai, si aki berkata: "kamu sudah membacanya dan mengetahuinya nak. maka KAMU HARUS MEMBAYARNYA"
si bocah kaget, "lho membayar? memangnya harus bayar berapa ki?"
"SANGAT MAHAL"
si bocah makin kaget dan bingung, karna di sakunya cuma ada selembar 20.000an
si aki menambahi, "KAMU HARUS MEMBAYAR DENGAN LAKU nak" (maksudnya dg menjalankan apa yg telah diketahuinya)
si bocah: "Sendiko Dawuh Ki... saya pun ingin ke Baitulloh"

0 comments:

Posting Komentar

Paling Sering Diakses

Bersikap Menerima Ketika Dalam Keadaan Fasik

 فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا "Maka Alloh mengilhamkan kepadanya (jiwa) kefasikan dan ketakwaan" [Q.S. Asy-Syams : 8] sej...